Tujuan Ilmu Budaya Dasar & Kepribadian Bangsa Timur


Tujuan Ilmu Budaya Dasar
          Tujuan ilmu budaya dasar merupakan usaha mengembangkan kepribadian mahasiswa dengan cara memperluas wawasan pemikiran serta kemampuan kritikalnya terhadap nilai-nilai budaya, baik yang menyangkut orang lain dan alam sekitarnya, maupun yang menyangkut dirinya sendiri.

         
          Untuk bisa menjangkau tujuan tersebut Ilmu Budaya Dasar diharapkan dapat Mengusahakan penajaman kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan budaya; Memberi kesempatan pada mahasiswa untuk memperluas pandangan mereka tentang masalah kemanusiaan dan budaya; Mengusahakan agar mahasiswa, sebagai calon pemimipin bangsa dan negara tidak bersifat kedaerahan; Mengusahakan wahana komunikasi para akademisi agar mereka lebih mampu berdialog satu sama lain.

Kepribadian Bangsa Timur

       Ilmu psikologi yang memang berasal dan timbul dalam masyarakat Barat, dimana konsep individu itu mengambil tempat yang amat penting, biasanya menganalisis jiwa manusia dengan terlampau banyak menekan kepada pembatasan konsep individu sebagai kesatuan analisis tersendiri.

          Untuk menghindari pendekatan terhadap jiwa manusia itu, hanya sebagai subyek yang terkandung dalam batas individu yang terisolasi, maka Hsu mengembangkan delapan daerah yang seolah-olah seperti lingkaran diri pribadi.
Nomor 7 & 6 disebut daerah tak sadar dan sub sadar, merupakan daerah pedalaman dari alam jiwa individu. Nomor 5 disebut kesadaran yang tak dinyatakan, teridiri dari pikiran-pikiran dan gagasan-gagasan. Nomor 4 disebut kesadaran yang dinyatakan, berisi pikiran, gagasan, dan perasaan yang terbuka pada setiap invidu.  Nomor 3, merupakan lingkaran hubungan karib, mengandung tentang orang-orang, binatang, atau benda-benda, yang bisa di ajak bergaul.  Nomor 2, merupakan lingkaran berguna, tidak lagi ditandai dengan rasa sikap sayang dan mesra. Nomor 1, lingkaran hubungan jauh, terdiri dari pikiran dan sikap dalam alam jiwa manusia tentang manusia, benda, alat, pengetahuan, dan alat budaya.  Nomor 0, merupakan lingkaran dunia luar, teridiri dari pikiran-pikiran dan anggapan-anggapan yang hampir sama dengan pikiran yang terletak dalam nomor 1.

          Banyak orang masih sering mempersoalkan perbedaan antara kebudayaan Barat dan kebudayaan Timur, padahal konsep itu berasal dari orang Eropa Barat, semua kebudayaan diluar kebudayaan mereka disebut Kebudayaan bangsa timur, sebagai kawannya kebudayaan mereka sendiri yang mereka sebut kebudayaan Barat.

          Jadi, tujuan ilmu budaya dasar yaitu ada usaha mengembangkan kepribadian mahasiswa dengan cara memperluas wawasan pemikiran serta kemapuan kritikalnya pada nilai-nilai budaya. Orang-orang yang mendiskusikan kontras antara kedua konsep tersebut, yang bisanya menyangka bahwa kebudayaan Timur lebih mementingkan kehidupan kerohanian, mistik, pikiran preologis, keramahtamahan, dan gotong royong. Sedangkan kebudayaan Barat lebih mementingkan kebendaan, pikiran logi, hubungan asas guna, dan individualisme.

Sumber : E-book Ilmu Budaya Dasar, Penerbit Gunadarma

No comments:

Post a Comment