Tanggung Jawab


Pengertian Tanggung Jawab

          Tanggung jawab menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah keadaan wajib menanggung segala sesuatunya. Sehingga bertanggung jawab adalah berkewajiban menanggung, memikul segala sesuatu yang diperbuatnya, atau memberikan jawab dan menanggung akibatnya.
          Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatan yang disengaja maupun tidak, tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajibannya.
          Seorang mahasiswa mempunyai kewajiban belajar. Bila belajar, maka hal itu berarti ia telah memenuhi kewajibannya. Berarti pula ia telah bertanggung jawab atas kewajibannya. Sudah tentu bagaimana kegiatan belajar mahasiswa, itulah kadar pertanggung jawabannya. Bila pada ujian ia mendapat nilai A, B, C, D, atau bahkan E itulah kadar pertanggung jawabannya.

Macam-macam Tanggung Jawab

a.  Tanggung jawab terhadap diri sendiri
Merupakan kesadaran setiap orang untuk memenuhi kewajibannya sendiri dalam mengembangkan kepribadian sebagai makhluk pribadi, bisa memecahkan masalah-masalah kemanusiaan mengenai dirinya sendiri sebagai makhluk bermoral.

b.  Tanggung jawab terhadap keluarga
Setiap anggota keluarga wajib bertanggung jawab kepada keluarganya. Tanggung jawab ini menyangkut nama baik keluarga, dan juga merupakan kesejahteraan, keselamatan, pendidikanm dan kehidupan.

c.   Tanggung jawab terhadap masyarakat
Manusia tidak bisa hidup tanpa bantuan manusia lain, sesuai dengan kedudukan sebagai makhluk sosial. Disini manusia merupakan anggota masyarakat yang mempunyai tanggung jawab agar dapat melangsungkan hidupnya dalam masyarakat tersebut.

d.  Tanggung jawab kepada bangsa dan negara
Tiap individu adalah warga negara didalam suatu negara. Dalam berpikir, berbuat, bertindak, bertingkah laku, manusia terikat oleh norma-norma atau ukuran-ukuran yang dibuat oleh negara. Manusia tidak dapat berbuat semaunya sendiri. Bila perbuatan itu salah, maka ia harus bertanggung jawab kepada negara.

e.  Tanggung jawab terhapa Tuhan
Merupakan segala tindakan yang dilakukan manusia tidak lepas dari hukuman-hukuman Tuhan yang dituangkan dalam berbagai kitab suci melalui berbagai macam negara. Manusia harus mematuhi segala perintah Tuhan, dan jangan mengabaikan perintahnya. Karena itu merupakan tanggung jawab manusia kepada penciptanya.

Jadi, tanggung jawab merupakan kewajiban atau beban yang harus dipenuhi atau dipikul sebagai akibat dari perbuatan pihak yang berbuat, atau sebagai akibat dari perbuatan pihak lain, atau sebagai pengabdian, bahkan pengorbanan pada pihak lain.

No comments:

Post a Comment