1.
Tipe Organisasi Piramida
2.
Tipe Organisasi Kerucut
Tipe Organisasi piramida dibagi menjadi
dua yaitu :
1.
Piramida
mendatar (flat)
- Jumlah satuan organisasi tidak banyak sehingga tingkat-tingkat hirarki kewenangan sedikit
- Jumlah pekerja (bawahan) yang harus dikendalikan cukup banyak
- Format jabatan untuk tingkat pimpinan sedikit karena jumlah pimpinan relatif kecil.
2.
Piramida
Terbalik
Dalam tipe organisasi ini berkebalikan dari organisasi
mendatar yaitu jumlah Jabatan pemimpin lebih banyak dibandingkan dengan jumlah
pekerja atau bawahan. Organisasi ini hanya cocok untuk organisasi-organisasi
yang pengangkatan pegawainya berdasarkan atas jabatan fungsional seperti
lembaga-lembaga penelitian, lembaga-lembaga pendidikan.
2.
Tipe
Organisasi Kerucut
Tipe Organisasi kerucut mempunyai ciri-ciri sebagai berikut
:
- Jumlah satuan organisasi banyak sehingga tingkat-tingkat hirarki/kewenangan banyak
- Rentang kendali sempit
- Pelimpahan wewenang dan tanggungjawab dapat dilakukan sampai kepada pejabat/pimpinan yang bawah/rendah
- Jarak antara pimpinan tingkat atas dengan pimpinan tingkat bawah terlalu jauh
- Jumlah informasi jabatan cukup besar.
BENTUK ORGANISASI
1.
Organisasi
Lini
Suatu bentuk organisasi yang didalamnya merupakan garis
wewenang yang saling menghubungkan langsung sacara vertikal antara pimpinan dan
bawahan. Pada organisasi ini garis bersama dari kekuasaan dan tanggung jawab
yang bercabang pada setiap tingkat pimpinan mulai dari tingkat yang teratas
sampai tingkat yang terbawah.
Ciri-ciri organisasi lini adalah :
o Jumlah karyawan sedikit
o Selain Top Manager, manager dibawahnya hanya sebagai
pelaksana
o Sarana dan alatnya terbatas
o Hubungan atasan dan bawahan bersifat langsung
o Bentuk lini ini biasanya ada pada perusahaan perseorangan.
Kelebihannya organisasi lini :
- Rasa Solidaritas dan spontanitas seluruh anggota tinggi
- Disiplin dan loyalitas tinggi
- Rasa saling pengertian antar anggota tinggi
- Atasan dan bawahan dihubungkan dengan satu garis komando.
Kekurangannya :
- Ada tendensi gaya kepemimpinan otokratis
- Pengembangan kreatifitas karyawan terhambat
- Tujuan Top manager dan tujuan organisasi sulit dibedakan
- Karyawan tergantung satu orang dalam organisasi
2.
Organisasi
Lini dan Staff
Organisasi ini adalah Merupakan kombinasi dari organisasi
lini, asaz komando dipertahankan tetapi dalam kelancaran tugas pemimpin dibantu
oleh para staff, dimana staff berperan memberi masukan, bantuan pikiran
saran-saran dan data informasi yang dibutuhkan.
Ciri ciri organisasi lini dan staff :
- Hubungan antara atasan dan bawahan tidak seluruhnya secara langsung.
- Karyawan banyak
- Organisasi besar
- Adanya dua kelompok kerja dalam organisasi sehingga di tekankan adanya spesialisasi personel lini dan personel staf.
Kelebihannya :
- Ada pembagian tugas yang jelas
- Kerjasama dan koordinasi dapat dilaksanakan dengan jelas
- Pengembangan bakat segenap anggota organisasi terjamin
- Bentuk organisasi ini fleksibel.
Kekurangannya
:
- Tugas tugas pokok sering di nomerduakan.
- Proses decesion making berliku-liku
- Jika pertimbangan tidak terkontrol maka akan sering menimbulkan nepotism spollsystem patronage
- Persaingan tidak sehat antara anggota satu dengan yang lainya.
3.
Organisasi
Fungsional
Organisasi fungsional adalah suatu bentuk organisasi dimana
wewenang dari pimpinan tertinggi dilimpahkan kepada perkepala unit dibawahnya
dalam bidang pekerjaan tertentu.
Ciri-ciri organisasi fungsional :
- Organisasi kecil
- Didalamnya terdapat kelompok-kelompok yang mempunyai keahlian khusus
- Spesialisasi dalam pelaksanaan tugas
- Target yang hendak dicapai jelas dan pasti
- Pengawasan dilakukan secara ketat.
Adapun kelebihan dari organisasi ini
adalah :
- Program terarah , jelas dan cepat
- Anggaran, personalia dan sarana tepat dan sesuai
- Kenaikan pangkat cepat.
Adapun kekurangannya sebagai berikut
:
o Pejabat fungsional bingung dalam mengikuti prosedur
administrasi
- Koordinasi sulit dilaksanakan
- Pangkat pejabat fungsional lebih tinggi dibandingkan kepala unit sehingga inpeksi sulit dilaksanakan
4.
Organisasi
fungsional dan garis
Organisasi fungsional dan garis adalah bentuk organisasi
dimana wewenang pimpinan tertinggi dilimpahkan kepada kepala bagian dibawahnya
yang mempunyai keahlian tertentu serta sebagian dilimpahkan kepada pejabat
fungsional yang koordinasinya tetap diserahkan kepada kepala bagian.
Ciri-cirinya sebagai berikut :
- Tidak tampak adanya perbedaan tugas pokok dan bantuan
- Spesialisasi secara praktis pada pejabat fungsional
- Pembagian kerja dang pelimpahan wewenag tidak membedakan perbedaan tingkat.
Kelebihan organisasi fungsional dan
lini :
- Solidaritas tinggi
- Disisplin tinggi
- Produktifitas tinggi karena spesialisasi dilaksanakan maksimum
- Pekerjaan-pekerjaan yang tidak rutin atau teknis tidak dikerjakan.
Kekurangannya :
- Kurang fleksibel
- Pejabat fungsional bingung karena dikoordinasi oleh lebih dari satu orang
- Spesialisasi memberi kejenuhan.
STRUKTUR ORGANISASI
adalah Suatu susunan dan hubungan
antara tiap bagian secara posisi yang ada pada perusahaaan dalam menjalin
kegiatan operasional untuk mencapai tujuan.
Pengorganisasian
(organizing) adalah proses pengaturan sumber daya organisasi untuk mencapai
tujuan yang diinginkan dengan memperhatikan lingkungan yang ada.hal ini akan
sangat mempengaruhi dalam kelancaran atau kesejahteraan organisasi tersebut,
lingkungan adalah faktor yang sangat mempengaruhi. Tentu dalam tujuan sebuah
organisasi yang baik tidak akan mengorbankan lingkungan sekitar demi
kepentingan organisasinya semata.
PENGERTIAN KONFLIK
adalah adanya pertentangan yang
timbul di dalam seseorang (masalah intern) maupun dengan orang lain (masalah
ekstern) yang ada di sekitarnya. Konflik dapat berupa perselisihan (disagreement),
adanya keteganyan (the presence of tension), atau munculnya
kesulitan-kesulitan lain di antara dua pihak atau lebih. Konflik sering
menimbulkan sikap oposisi antar kedua belah pihak, sampai kepada mana
pihak-pihak yang terlibat memandang satu sama lain sebagai penghalang dan
pengganggu tercapainya kebutuhan dan tujuan masing-masing.
JENIS DAN SUMBER KONFLIK
Jenis Konflik, yaitu:
1. Konflik dalam diri individu
Terjadi bila seorang individu menghadapi ketidakpastian
tentang pekerjaan yang dia harapkan untuk melaksanakannya, bila berbagai
permintaan pekerjaan saling bertentangan, atau bila individu diharapkan untuk
melakukan lebih dari kemampuannya.
2. Konflik antar individu dalam
organisasi yang sama.
Hal ini sering disebabkan oleh perbedaan- perbedaan kepribadian.
Konflik ini juga berasal dari adanya konflik antar peranan seperti antara
manajer dan bawahan.
3. Konflik antar individu dan kelompok,
yang berhubungan dengan cara individu menanggapi tekanan untuk keseragaman yang
dipaksakan oleh kelompok kerja mereka, seperti seorang individu dihukum atau diasingkan
oleh kelompok kerjanya karena melanggar norma- norma kelompok.
4. Konflik antar kelompok dalam
organisasi yang sama. Karena terjadi pertentangan kepentingan antar kelompok.
5. Konflik antar organisasi, yang
timbul sebagai akibat bentuk persaingan ekonomi dalam sistem perekonomian suatu
negara. Konflik ini telah mengarahkan timbulnya pengembangan produk baru, teknologi,
harga- harga lebih rendah, dan penggunaan sumber daya yang lebih efisien.
Sumber- sumber Konflik :
o
Komunikasi
pengertian yang berkenaan dengan kalimat, bahasa yang sulit
dimengerti atau informasi yang mendua dan tidak lengkap serta gaya individu manajer
yang tidak konsisten.
o
Struktur
Pertarungan kekuasaan antar departemen dengan kepentingan-
kepentingan atau sistem penilaian yang bertentangan, persaingan untuk
memperebutkan sumber daya yang terbatas, atau saling ketergantungan dua atau
lebih kelompok - kelompok kegiatan kerja untuk mencapai tujuan mereka.
o
Pribadi
Ketidaksesuaian tujuan atau nilai- nilai social pribadi
karyawan dengan perilaku yang diperankan pada jabatan mereka dan perbedaan
dalam nilai- nilai atau persepsi.
o
Kelangkaan sumber daya dan dana yang
langka
Hal ini karena suatu individu atau organisasi yang memiliki
sumber daya dan dana yang terbatas.
o
Saling ketergantungan pekerjaan.
Ketergantungan pekerjaan satu arah. Berbeda dengan
sebelumnya, ketergantungan pekerjaan satu arah berarti bahwa keseimbangan
kekuasaan telah bergeser, konflik pasti lebih tinggi karena unit yang dominan mempunyai
dorongan yang sedikit saja untuk bekerja sama dengan unit yang berada di
bawahnya.
o
Ketidakjelasan tanggung jawab atau
yurisdiksi.
Dalam hal tertentu, pada dasarnya orang memang tidak ingin
bertanggung jawab, terlebih mengenai hal-hal yang berakibat tidak atau kurang
menguntungkan. Apabila hal ini menyangkut beberapa pihak dan masing- masing
tidak mau bertanggung jawab maka kejadian seperti ini dapat menimbulkan
konflik.
o
Ketidakterbukaan terhadap satu sama
lain
o
Ketidaksalingpercaya antara satu
orang dengan orang lain dalam organisasi.
o
Ketidakjelasan pola pengambilan
keputusan, pola pendelegasian wewenang, mekanisme kerja dan pembagian tugas.
o
Kelompok pimpinan tidak responsitif
terhadap kebutuhan dan aspirasi para bawahannya.
o Adanya asumsi bahwa dalam organisasi
terdapat berbagai kepentingan yang diperkirakan tidak dapat atau sulit
diserasikan.
STRATEGI PENYELESAIAN KONFLIK
Pendekatan penyelesaian konflik oleh
pemimpin dikategorikan dalam dua dimensi ialah kerjasama/tidak kerjasama dan
tegas/tidak tegas. Dengan menggunakan kedua macam dimensi tersebut ada 5 macam
pendekatan penyelesaian konflik ialah :
1.
Menghindar
Menghindari konflik dapat dilakukan jika isu atau masalah
yang memicu konflik tidak terlalu penting atau jika potensi konfrontasinya
tidak seimbang dengan akibat yang akan ditimbulkannya. Penghindaran merupakan
strategi yang memungkinkan pihak-pihak yang berkonfrontasi untuk menenangkan
diri. Manajer perawat yang terlibat didalam konflik dapat menepiskan isu dengan
mengatakan “Biarlah kedua pihak mengambil waktu untuk memikirkan hal ini dan
menentukan tanggal untuk melakukan diskusi”.
2.
Mengakomodasi
Memberi kesempatan pada orang lain untuk mengatur strategi pemecahan masalah, khususnya apabila isu tersebut penting bagi orang lain. Hal ini memungkinkan timbulnya kerjasama dengan memberi kesempatan pada mereka untuk membuat keputusan. Perawat yang menjadi bagian dalam konflik dapat mengakomodasikan pihak lain dengan menempatkan kebutuhan pihak lain di tempat yang pertama.
Memberi kesempatan pada orang lain untuk mengatur strategi pemecahan masalah, khususnya apabila isu tersebut penting bagi orang lain. Hal ini memungkinkan timbulnya kerjasama dengan memberi kesempatan pada mereka untuk membuat keputusan. Perawat yang menjadi bagian dalam konflik dapat mengakomodasikan pihak lain dengan menempatkan kebutuhan pihak lain di tempat yang pertama.
3.
Kompetisi
Gunakan metode ini jika anda percaya bahwa anda memiliki lebih banyak informasi dan keahlian yang lebih dibanding yang lainnya atau ketika anda tidak ingin mengkompromikan nilai-nilai anda. Metode ini mungkin bisa memicu konflik tetapi bisa jadi merupakan metode yang penting untuk alasan-alasan keamanan.
Gunakan metode ini jika anda percaya bahwa anda memiliki lebih banyak informasi dan keahlian yang lebih dibanding yang lainnya atau ketika anda tidak ingin mengkompromikan nilai-nilai anda. Metode ini mungkin bisa memicu konflik tetapi bisa jadi merupakan metode yang penting untuk alasan-alasan keamanan.
4.
Kompromi
atau Negosiasi
Masing-masing memberikan dan menawarkan sesuatu pada waktu
yang bersamaan, saling memberi dan menerima, serta meminimalkan kekurangan
semua pihak yang dapat menguntungkan semua pihak.
5.
Memecahkan
Masalah atau Kolaborasi
Pemecahan
sama-sama menang dimana individu yang terlibat mempunyai tujuan kerja yang sama.Perlu
adanya satu komitmen dari semua pihak yang terlibat untuk saling mendukung dan
saling memperhatikan satu sama lainnya.
MOTIVASI
adalah suatu sugesti atau dorongan
yang muncul karena diberikan oleh seseorang kepada orang lain atau dari diri
sendiri, dorongan tersebut bermaksud agar orang tersebut menjadi orang yang
lebih baik dari yang sebelumnya. Motivasi juga bisa diartikan sebagai sebuah
alasan yang mendasari sebuah perbuatan yang dilakukan oleh seseorang.
TEORI MOTIVASI
Abraham Maslow (1943;1970)
mengemukakan bahwa pada dasarnya semua manusia memiliki kebutuhan pokok. Ia
menunjukkannya dalam 5 tingkatan yang berbentuk piramid, orang memulai dorongan
dari tingkatan terbawah. Lima tingkat kebutuhan itu dikenal dengan sebutan
Hirarki Kebutuhan Maslow, dimulai dari kebutuhan biologis dasar sampai motif
psikologis yang lebih kompleks; yang hanya akan penting setelah kebutuhan dasar
terpenuhi. Kebutuhan pada suatu peringkat paling tidak harus terpenuhi sebagian
sebelum kebutuhan pada peringkat berikutnya menjadi penentu tindakan yang
penting.
PROSES MEMPENGARUHI
Segala sesuatu memerlukan proses,
termasuk proses untuk mencapai tujuan pribadi maupun kelompok dalam organisasi.
Dalam mencapai tujuan organisasi baik pemimpin maupun anggota memiliki tanggung
jawab masing-masing. Pemimpin dan anggota berhubungan timbal balik dan
kinerjanya akan saling mempengaruhi dalam mencapai tujuan organisasi. Pengaruh
adalah kegiatan yang secara langsung atau tidak langsung
mengakibatkan suatu perubahan perilaku dan sikap orang lain atau kelompok.
mengakibatkan suatu perubahan perilaku dan sikap orang lain atau kelompok.
Elemen proses mempengaruhi ada 3
yaitu :
o Orang yang mempengaruhi
o Metode yang mempengaruhi
o Orang yang dipegaruhi
Memang
dalam organisasi tugas pemimpin adalah mempengaruhi anggota yang dipimpinnya
tersebut agar bertindak baik untuk mencapai visi dan misi dalam organisasi.
Tetapi perilaku anggota organisasi juga dapat mempengaruhi kebijakan-kebijakan
dari pemimpin. Proses saling
mempengaruhi memiliki metode yang diantaranya adalah sebagai berikut:
- Kekuatan fisik
Metode
ini dilakukan menggunakan fisik, seperti menggunakan tangan dalam mempengaruhi
individu maupun kelompok (berhubungan dengan kekerasan).
- Penggunaan sanksi
Metode
ini dilakukan dengan memberikan sanksi kepada individu maupun kelompok, sanksi
yang diberikan berupa sanksi positif maupun negatif.
- Keahlian
Metode
ini dilakukan dengan keahlian, seseorang yang mempengaruhi mempunyai keahlian
dalam mempengaruhi individu maupun kelompok.
- Kharisma (daya tarik)
Pada
metode ini seseorang yang dipengaruhi akan tertarik kepada orang yang
mempengaruhi, karena orang tersebut memiliki kharisma tanpa harus menggunakan
kekuatan fisik, sanksi maupun keahlian.
PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN
Proses pengambiln keputusan dalam
organisasi ialah kumpulan yang terdiri dari beberapa orang untuk mencapai
tujuan bersama, didalam organisasi rentan terjadinya selisih pendapat begitu
juga keputusan dalam mengambil sikap, dapat diartikan cara organisasi dalam
pengambilan keputusan.
Menurut Adler dan Rodman, terdapat 4
metode bagaimana cara organisasi dalam pengambilan keputusan yaitu :
o Kewenangan tanpa diskusi (authority rule without discussion)
Kewenangan
tanpa diskusi biasanya metode ini sering dilakukan oleh para pemimpin yang
terkesan militer. Mempunyai beberapa keuntungan jika seorang pemimpin
menggunakan metode ini dalam pengambilan keputusan, yaitu cepat, maksudnya
seorang pemimpin mempunyai keputusan ketika oraganisasi tidak mempunyai waktu
yang cukup untuk menentukan atau memutuskan kebijakan apa yang harus diambil.
Tetapi apabila metode ini sering dipakai oleh pemimpin akan memicu rasa kurang
kepercayaan para anggota organisasi tersebut terhadap kebijakan yang telah
diambil oleh pemimpin tanpa melibatkan para anggota yang lainnya dalam perumusan
pengambilan keputusan.
o Pendapat ahli (expert opinion)
Kemampuan
setiap orang berbeda-beda, ada yang berkemampuan dalam hal politik, pangan,
tekhnologi dan lain-lain, sangat beruntung jika dalam sebuah organisasi
terdapat orang ahli yang kebetulan hal tersebut sedang dalam proses untuk
diambil keputusan, pendapat seorang ahli yang berkopeten dalam bidangnya
tersebut juga sangart membantu untuk pengambilan keputusan dalam organisasi.
o Kewenangan setelah diskusi (authority rule after discussion)
Metode
ini hampir sama dengan metode yang pertama, tapi perbedaannya terletak pada
lebih bijaknya pemimpin yang menggunakan metode ini disbanding metode yang
pertama, maksudnya sang pemimpin selalu mempertimbangkan pendapat atau opini
lebih dari satu anggota organiasi dalam proses pengambilan keputusan. Terdapat
kelemahan didalam metode ini, setiap anggota akan besaing untuk mempengaruhi
pemimpin bahwa pendapatnya yang lebih perlu diperhatikan dan dipertimbangkan
yang ditakutkan pendapat anggota tersebut hanya mamberikan nilai positif untuk
dirinya dan merugikan anggota organisasi yang lain.
o Kesepakatan (consensus).
Dalam
Metode ini, sebuah keputusan akan diambil atau disetujui jika didalam proses
pengambilan keputusan telah disepakati oleh semua anggota organisasi, secara
transparan apa tujuan, keuntungan bagi setiap anggota sehingga semua anggota
setuju dengan keputusan tersebut. Negara yang demokratis biasanya akan
menggunakan metode ini. Tetapi metode seperti ini tidak dapat berguna didalam
keadaan situasi dan kondisi yang mendesak atau darurat disaat sebuah organisasi
dituntut cepat dalam memberikan sebuah keputusan.
Keempat metode-metode satu sama
lainnya tidak dapat dikatakan metode satu terbaik yang digunakan
dibanding metode yang lainnya, dapat dikatakan efektif jika metode yang mana
yang paling cocok digunakan dalam keadaan dan situasi yang sesuai.
Sumber :
http://erikandfiki.wordpress.com/2013/11/01/tipe-dan-bentuk-organisasi/
http://wpcatur.wordpress.com/2013/10/30/tugas-teori-organisasi-umum-2/
http://popocreations.blogspot.com/2014/01/tugas-2-teori-organisasi-umum.html
No comments:
Post a Comment