Proposal



Proposal adalah usulan rencana kegiatan. Kata proposal berasal dari bahasa Inggris to propose yang artinya mengajukan. Dengan demikian pengertian proposal memiliki arti sederhana sebagai suatu bentuk pengajuan atau permohonan, penawaran baik berupa ide, gagasan, pemikiran, maupun rencana
kepada pihak lain untuk mendapatkan dukungan ijin, persetujuan, dana, dan lain sebagainya (Hariwijaya, 2005:12-13). Sebagai bentuk pengajuan, proposal bernilai penting dan strategis karena merupakan awal yang menentukan keberhasilan suatu rencana program (usaha atau kegiatan). Karenanya, banyak orang atau lembaga menjadikan proposal sebagai "senjata ampuh" untuk menunjukkan apa saja ide, rencana kegiatan (usaha), dan program yang ditawarkan kepada pihak-pihak yang berkepentingan.

Fungsi Proposal
Proposal memiliki fungsi yang sangat penting bagi perseorangan atau lembaga yang akan melakukan usaha, program, atau kegiatan. Fungsi dari proposal adalah sebagai berikut:
·    Fungsi proposal untuk melakukan penelitian yang berkenaan dengan agama, sosial, politik, ekonomi, budaya, dan sebagainya.
·         Fungsi proposal untuk mendirikan usaha kecil, menengah, atau besar.
·         Fungsi proposal untuk mengajukan tender dari lembaga-lembaga pemerintah atau swasta.
·         Fungsi proposal untuk mengajukan kredit kepada bank.
·         Fungsi proposal untuk mengadakan acara seminar, diskusi, pelatihan, dan sebagainya.

Jenis Proposal
Ada banyak jenis proposal yang berkaitan dengan aktifitas manusia dikehidupan ini. Secara umum, berikut ini beberapa jenis proposal yang biasa dibuat dan diajukan banyak orang:
·         Proposal bisnis, contohnya proposal pendirian usaha.
·         Proposal proyek, contohnya proposal pengajuan dana kepada lembaga donor.
·         Proposal penelitian, contohnya proposal skripsi, tesis, dan disertasi.
·         Proposal kegiatan, contohnya proposal kegiatan seminar, pelatihan, dan lomba.

Sistematika Proposal Kegiatan

Contoh susunan proposal PKM
Proposal Program Kreativitas Mahasiswa bidang Penelitian ditulis menggunakan huruf Times New Roman ukuran 12 dengan jarak baris 1,15 spasi kecuali ringkasan satu spasi dan ukuran kertas A-4 margin kiri 4 cm, margin kanan, atas, dan bawah masing-masing 3 cm. Halaman Sampul sampai dengan ringkasan diberi nomor halaman dengan huruf: i, ii, iii,.. dst yang diletakkan pada sudut kanan bawah, sedangkan halaman utama yang dimulai dari Pendahulaan sampai dengan halaman Lampiran diberi halaman dengan angka arab: 1, 2, 3,...dst. yang diletakkan pada sudut kanan atas. Sedangkan format penulisannya mengikuti sistematika sebagai berikut:

HALAMAN SAMPUL (Lampiran 2.1).
a. HALAMAN PENGESAHAN (Lampiran 2.2).
b. DAFTAR ISI
c. RINGKASAN (maksimum satu halaman)
Pada bagian ini dikemukakan tujuan dan target penelitian yang ingin dicapai serta metode yang akan dipakai dalam pencapaian tujuan tersebut. Ringkasan harus mampu menguraikan secara cermat dan singkat tentang rencana kegiatan yang diusulkan.

d. BAB 1. PENDAHULUAN
Uraikan latar belakang dan permasalahan yang akan diteliti, tujuan khusus, dan urgensi (keutamaan) penelitian. Pada bab ini juga dijelaskan temuan apa yang ditargetkan serta kontribusinya terhadap ilmu pengetahuan sesuai dengan bidang ilmu pengusul. Luaran yang diharapkan dan manfaat dari kegiatan ini juga harus disajikan pada bab ini.

e. BAB 2. TINJAUAN PUSTAKA
Pada bab ini dikemukakan teori yang melandasi proposal kegiatan berdasar acuan primer (penelitian dalam jurnal ilmiah) yang up to date dan relevan. Uraikan dengan jelas kajian pustaka yang menimbulkan gagasan dan mendasari kegiatan PKM yang akan dilakukan. Tinjauan Pustaka juga menguraikan teori, temuan, dan bahan penelitian lain yang diperoleh dari pustaka acuan serta menjadi landasan proposal kegiatan PKM. Tinjauan Pustaka bukan kumpulan teori, namun merupakan rangkaian hasil yang sudah dikenali dan mempunyai sebuah atau beberapa alur pikir tentang terjadinya suatu peristiwa ilmiah dari suatu topik ilmiah yang akan dikaji atau diteliti.

f. BAB 3. METODE PENELITIAN
Metode penelitian harus menjelaskan secara utuh tahapan penelitian yang akan dilaksanakan, luaran, indikator capaian yang terukur di setiap tahapan, teknik pengumpulan data dan analisis data, cara penafsiran, dan penyimpulan hasil penelitian.

g. BAB 4. BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN
4.1   Anggaran Biaya
Ringkasan anggaran biaya disusun sesuai dengan format pada Tabel 2.1.

Tabel 2.1 Format Ringkasan Anggaran Biaya PKM-P
No                   Jenis Pengeluaran                                                                             Biaya (Rp)
1                      Peralatan penunjang, ditulis sesuai kebutuhan (15–25%).
2                      Bahan habis pakai, ditulis sesuai dengan kebutuhan (20–35%).
3                      Perjalanan, jelaskan kemana dan untuk tujuan apa (15–25%).
4                      Lain-lain: administrasi, publikasi, seminar, laporan (Maks. 15%)
Jumlah

4.2 Jadwal Kegiatan
Jadwal kegiatan antara 3 (tiga) sampai 5 (lima) bulan dan disusun dalam bentuk bar chart untuk rencana penelitian yang diajukan dan sesuai dengan format pada Lampiran 3.1.

h. DAFTAR PUSTAKA
Daftar pustaka disusun berdasarkan sistem nama dan tahun, dengan urutan abjad nama pengarang, tahun, judul tulisan, dan sumber. Hanya pustaka yang dikutip dalam Proposal penelitian yang dicantumkan di dalam daftar pustaka.

i. LAMPIRAN-LAMPIRAN
Lampiran 1. Biodata Ketua dan Anggota, Biodata Dosen Pembimbing yang ditandatangani (Lampiran 3.2)
Lampiran 2. Justifikasi Anggaran Kegiatan (Lampiran 3.3).
Lampiran 3. Susunan Organisasi Tim Peneliti dan Pembagian Tugas (Lampiran 3.4).
Lampiran 4. Surat Pernyataan Ketua Peneliti (Lampiran 3.5).

Daftar Pustaka
· Radjasa, Ocky K. Buku Pedoman Program Kreativitas Mahasiswa 2015. Jakarta: RISTEK DIKTI, 2015.
· Susanto, Happy. 2010. Panduan Lengkap Menyusun Proposal. Jakarta: Visimedia.
· Susanto, Happy. 2009. Proposal Tepat Bisnis Melesat, Kiat Jitu menggolkan Proposal. Jakarta: Visimedia.
· Pengertian Ahli. http://www.pengertianahli.com/2013/10/pengertian-fungsi-jenis-proposal.html Diakses pada 15 Januari 2016

No comments:

Post a Comment