Proposal
Penelitian
Pembuatan Aplikasi Pendaftaran Beasiswa Berbasis Web
|
Ahmad Fatihin
1A113552/3KA01
ahmadfatihin37@student.gunadarma.ac.id
|
KATA PENGANTAR
Assalamua’alaikum Wr. Wb.
Puji dan syukur penulis panjatkan
kepada Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat rahmat dan karunia-Nya, serta
dorongan doa restu dan dorongan dari berbagai pihak sehingga penulis dapat
menyelesaikan Proposal Penelitian dengan judul “Pembuatan Aplikasi Pendaftaran Beasiswa
Berbasis Web”. Adapun proposal penelitian ini disusun guna melengkapi sebagian syarat untuk mengajukan penelitian guna mencapai jenjang setara Sarjana Muda jurusan Sistem Informasi di Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Gunadarma.
Berbasis Web”. Adapun proposal penelitian ini disusun guna melengkapi sebagian syarat untuk mengajukan penelitian guna mencapai jenjang setara Sarjana Muda jurusan Sistem Informasi di Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Gunadarma.
Dengan diselesaikannya penulisan
ini, penulis mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas
segala dukungan, bimbingan, pengarahan, dan bantuan kepada penulis. Ucapan
terima kasih penulis sampaikan kepada berbagai pihak, terutama kepada:
- Prof. Dr. E. S. Margianti, SE, MM,
selaku Rektor Universitas Gunadarma.
- Prof. Dr. rer. nat. Achmad Benny
Mutiara, SSi., Skom., selaku Dekan Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi
Informasi.
- Dr. Setia Wirawan,SKom.,MMSI., selaku
Ketua Jurusan Sistem Informasi Universitas Gunadarma.
- Seluruh rekan-rekan yang
tidak dapat penulis sebutkan, atas bantuan, kritik, saran, arahan, dan
bimbingannya yang telah diberikan kepada penulis.
Semoga Allah S.W.T melimpahkan berkah dan
rahmat-Nya kepada semua pihak tersebut atas segala bantuan dan bimbingannya
yang telah diberikan kepada penulis.
Penulis menyadari bahwa proposal ini masih
kurang dan jauh dari kata sempurna, oleh karena itu penulis sangat mengharapkan
kritik dan saran yang sifatnya membangun. Semoga proposal ini dapat diterima dan memberikan manfaat baik
bagi semua pihak termasuk penulis.
Wassalamu’alaikum
Wr. Wb.
Depok,
Maret
2016
(Penulis)
1.
PENDAHULUAN
1.1.
Latar Belakang Masalah
Beasiswa
merupakan pemberian berupa bantuan yang diberikan kepada pelajar atau mahasiswa
yang bertujuan untuk digunakan demi keberlangsungan pendidikan yang ditempuh.
Bidang Kemahasiswaan Universitas Gunadarma menyalurkan berbagai beasiswa dari
instansi pemerintah maupun swasta. Bentuk pengurusan beasiswa ini tergantung
dengan jenis dan pemberi beasiswa.
Jumlah
mahasiswa Universitas Gunadarma cukup banyak yang ingin mengajukan diri sebagai
penerima beasiswa, tetapi informasi penerimaan beasiswa tidak semuanya
tersampaikan kepada semua mahasiswa. Salah satu faktor yang menyebabkan tidak
tersampaikannya informasi tentang penerimaan beasiswa kepada mahasiswa adalah
pengumuman hanya dipublikasikan melalui website kemahasiswaan (www.kemahasiswaan.gunadarma.ac.id)
dan studentsite (www.studentsite.gunadarma.ac.id) dimana informasi dalam website
tersebut bukan hanya tentang beasiswa tetapi semua kegiatan yang
diselenggarakan di lingkungan kampus Gunadarma.
Di
Universitas Gunadarma sistem pendaftaran beasiswa masih menggunakan cara manual,
yang mengakibatkan jumlah pendaftar tidak terkontrol dalam kurun waktu
tertentu, antrian panjang pada saat pengembalian berkas persyaratan, kemudian banyak
berkas yang belum terorganisir dengan baik, tidak adanya sistem yang mengatur
jadwal pendaftaran dan pengembalian berkas yang menyebabkan pendaftar mengulur
waktu hingga batas akhir pendaftaran serta membutuhkan waktu cukup lama untuk
menyeleksi persyaratan administrasi.
Dalam penulisan ilmiah ini dibuat sebuah
website yang khusus digunakan sebagai informasi beasiswa di kalangan mahasiswa Universitas
Gunadarma. Adanya website ini dapat memberikan informasi kepada mahasiswa
Universitas Gunadarma mengenai berita terbaru yang berkaitan dengan beasiswa yang
sedang diselenggarakan di lingkungan Universitas Gunadarma.
1.2.
Rumusan Masalah
Dalam
pelaksanaan selama ini, sejumlah informasi program
beasiswa tersebut diberikan dalam website www.kemahasiswaan.gunadarma.ac.id dan www.studentsite.gunadarma.ac.id. Kedua website tersebut selain
memberikan informasi beasiswa juga memberikan informasi umum mengenai kegiatan
di lingkungan Universitas Gunadarma, belum adanya penyebaran informasi tentang
beasiswa dalam sebuah media yang khusus untuk menyebarkan informasi beasiswa, oleh karena itu
didapati perumusan masalah sebagai berikut:
1.
Apakah
perlu aplikasi pendaftaran beasiswa di Universitas Gunadarma dibuat?
1.3.
Batasan Masalah
Luasnya informasi tentang beasiswa
membuat penulis hanya membatasi masalah informasi tentang
beasiswa di lingkungan Universitas
Gunadarma dalam bentuk website. Namun, tidak menjelaskan tentang keamanan
website, keamanan data, dan keamanan jaringannya.
Pembuatan
aplikasi pendaftaran beasiswa ini menggunakan bahasa pemrograman PHP, framework CodeIgniter, MySQL digunakan untuk
pembuatan basis data, Adobe Photoshop untuk desain interface dan Notepad++ untuk editor.
1.4.
Tujuan Penulisan
Tujuan penulisan ini adalah perlunya aplikasi
pendaftaran beasiswa untuk memberikan kemudahan bagi mahasiswa untuk mendaftar beasiswa
secara online, memberikan kemudahan
bagi pengelola beasiswa untuk menyeleksi calon penerima beasiswa di lingkungan
Universitas Gunadarma.
1.5.
Manfaat atau Kegunaan Penelitian
Penelitian
yang penulis lakukan ini mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi penulis sendiri,
maupun bagi para pembaca atau pihak-pihak lain yang berkepentingan.
Penelitian
ini memfokuskan kepada Bidang Kemahasiswaan Gunadarma sebagai objek penelitian,
sehingga diharapkan para pengambil keputusan dalam Bidang Kemahasiswaan maupun
pihak-pihak lain yang berkepentingan dapat menggunakan hasil penelitian ini
sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan.
2.
TINJAUAN PUSTAKA DAN
HIPOTESIS
2.1.
Beasiswa
Beasiswa
merupakan pemberian berupa bantuan yang diberikan kepada pelajar atau mahasiswa
yang bertujuan untuk digunakan demi keberlangsungan pendidikan yang ditempuh.
Universitas Gunadarma menyelenggarakan beberapa program beasiswa yang
ditawarkan kepada mahasiswanya, dengan mengikuti persyaratan yang telah
ditentukan.
2.1.1.
Jenis
Beasiswa
1.
Beasiswa Peningkatan
Prestasi Akademik (Beasiswa-PPA)
2.
Bantuan
Biaya Pendidikan Peningkatan Prestasi Akademik (BPP-PPA).
3.
Beasiswa Yayasan
Beasiswa Jakarta (Beasiswa-YBJ)
4.
Beasiswa DAM dan YPKAAR
5.
Beasiswa Bidikmisi.
2.2.
Model Waterfall
Pembuatan sistem informasi pendaftaran
beasiswa berbasis website ini menggunakan model sekuensial linier sering
disebut juga dengan siklus kehidupan klasik atau model air terjun (waterfall). Model ini mengusulkan sebuah
pendekatan pada pengembangan perangkat lunak yang sistematik dalam tingkat
kemajuan sistem pada seluruh analisis, desain, kode, pengujian dan
pemeliharaan. Model waterfall merupakan
metode yang paling banyak digunakan dalam software
engineering, karena pemodelan sistem terbagi menjadi tahapan-tahapan yang
mengikuti pola teratur, seperti layaknya air terjun (Munawar, 2005).
2.3.
Framework CodeIgniter
CodeIgniter
(CI) adalah sebuah web application
framework yang bersifat open source untuk
membangun aplikasi php dinamis. Tujuan utama pengembangan CI adalah untuk
membantu developer untuk mengerjakan
aplikasi lebih cepat daripada menulis semua kode dari awal. CI menyediakan
berbagai macam library yang dapat
mempermudah dalam pengembangan.
CodeIgniter dibangun menggunakan konsep
Model-View-Controller development pattern.
CI sendiri salah satu framework tercepat dibandingkan framework lainnya. Pada
acara frOSCon (Agustus 2008), pembuat php Rasmus Lerdorf mengatakan dia
menyukai codeigniter karena dia lebih ringan dan cepat dibandingkan framework
lainnya (“because it is faster, lighter
and the least a framework”).
Jika
dipetakan, alur kerja CI akan tampak seperti gambar flow CI. Browser
berinteraksi melalui controller. Controller yang akan menerima dan membalas
semua request dari browser. Untuk
data maka controller akan meminta ke model dan untuk UI/template akan meminta
ke view. Jadi “otak” dari aplikasi berada di controller, “muka” aplikasi ada di
view dan “data” ada di model. Ketika browser meminta sebuah halaman web maka router akan mencarikan controller mana
yang harus menangani request
tersebut. Setelah itu barulah controller menggunkan model untuk mengakses data
dan view untuk menampilkan data tersebut.
2.4.
Struktur Navigasi
Struktur navigasi adalah alur
yang digunakan dalam aplikasi yang dibuat. Sebelum menyusun aplikasi, harus
menentukan terlebih dahulu alur apa yang akan digunakan dalam aplikasi yang
dibuat. Bentuk dasar dari struktur navigasi yang biasa digunakan dalam proses
pembuatan apilkasi ada empat macam, yaitu struktur navigasi linier, hirarki,
non linier, dan campuran.
2.5.
Hipotesis
Berdasarkan tinjauan pustaka atau kerangka
pemikiran diatas, maka penulis mencoba untuk merumuskan hipotesis yang akan
diuji kebenarannya, apakah hasil penelitian akan menerima atau menolak
hipotesis tersebut, sebagai berikut:
Ha0:
Kecenderungan mahasiswa memerlukan pendaftaran beasiswa secara online
Ha1: Beberapa
mahasiswa masih memilih pendaftaran secara konvensional.
Dengan variabel utama
yaitu Mahasiswa.
Dengan menggunakan instrumen penelitian yaitu kuesioner
online yang disebar untuk diisi oleh mahasiswa Universitas Gunadarma dalam
jangka waktu tertentu. Kuesioner tersebut nantinya akan menjadi data utama
untuk kelanjutan penelitian ini. Diharapkan dengan adanya dugaan awal seperti
ini pengembangan sistem yang penulis rencanakan bisa terwujud dan bisa berguna
untuk semua pihak.
3.
METODOLOGI PENELITIAN
3.1.
Waktu dan Tempat Penelitian
Waktu Penelitian:
Bulan
April sampai dengan Juni 2016
1.
Minggu I :Persiapan
2.
Minggu II-IV :Pengumpulan data, perancangan dan
analisis sistem
3.
Minggu V-IX :Pembuatan kode program dan pengujian
sistem
4.
Minggu X-XII :Penyusunan laporan akhir.
Tempat
Penelitian:
Ruang Belajar, Rumah, Bekasi
3.2.
Anggaran Biaya Penelitian
Penelitian ini merupakan penelitian karya ilmiah untuk
memenuhi salah satu syarat guna memperoleh gelar sarjana muda di Universitas
Gunadarma, maka semua biaya penelitian ditanggung oleh penulis.
3.3.
Metode Penelitian
Pembuatan
aplikasi pendaftaran beasiswa berbasis website ini menggunakan metode penelitian dengan model waterfall. Pembuatan
sistem informasi pendaftaran beasiswa berbasis website ini menggunakan model
sekuensial linier sering disebut juga dengan siklus kehidupan klasik atau model
air terjun (waterfall). Model ini
mengusulkan sebuah pendekatan pada pengembangan perangkat lunak yang sistematik
dalam tingkat kemajuan sistem pada seluruh analisis, desain, kode, pengujian
dan pemeliharaan. Model waterfall merupakan
metode yang paling banyak digunakan dalam software
engineering, karena pemodelan sistem terbagi menjadi tahapan-tahapan yang
mengikuti pola teratur, seperti layaknya air terjun (Munawar, 2005).
3.4.
Instrumen Penelitian
Data
mempunyai kedudukan penting dalam penelitian, karena data merupakan
penggambaran variable yang diteliti sekaligus berfungsi sebagai alat untuk
menguji hipotesis. Benar tidaknya data sangat menentukan kualitas hasil
penelitian. Sedangkan benar tidaknya data tergantung dari instrument penelitian
yang digunakan untuk mengumpulkan data.
Instrumen
di penelitian ini menggunakan kuesioner
online yang disebar ke mahasiswa Universitas Gunadarma.
3.5.
Analisis Data
Analisis data dengan menggunakan pendekatan model waterfall
sebagai berikut:
1.
Rekayasa Sistem
Proses rekayasa
sistem lebih menekankan pada alasan mengapa sebuah aplikasi harus dibuat dengan
mempelajari gambaran keadaan sistem informasi beasiswa yang sedang berjalan di
Universitas Gunadarma.
2.
Analisis Sistem
Tahapan ini
kemudian dilanjutkan dengan proses analisis yang lebih menekankan pada
pembuatan aplikasi agar terwujudnya perkembangan informasi beasiswa yang baik.
3.
Desain
Dalam proses desain
dibuat sebuah interface aplikasi yang akan berjalan, dengan tujuan menggali
perbedaan alternatif aplikasi pendaftaran beasiswa saat ini dengan aplikasi
yang sedang dibuat.
4.
Pengkodean
Tahap
pembuatan aplikasi ini
dengan pengkodean yang sesuai dengan rancangan aplikasi menggunakan software-software diantaranya
notepad++ sebagai editor, codeigniter sebagai framework website, bahasa pemrogramman PHP, mysql, dan adobe photoshop untuk desain interface.
5.
Pengujian
Tahap pengujian
website dengan melakukan pengecekan di berbagai perangkat baik netbook,
notebook, tablet, dan handphone serta implementasinya pada proses dibuatnya
website menggunakan PHP, sehingga proses implementasi mungkin lebih mirip
dengan pengembangan software sebab
menggunakan syntax yang spesifik
untuk pengkodean struktur website.
6.
Perawatan
Tahap pemeliharaan
program aplikasi yang telah dibuat, agar keutuhan program dapat terjaga dengan
baik.
DAFTAR PUSTAKA
1. Pribadi, Rendi. 2012. Sistem Informasi Kesehatan Berbasis Web pada
Pusat Kesehatan Masyarakat Cirimekar Kabupaten Bogor Menggunakan PHP dan MySql.
Universitas Gunadarma. Jakarta
2.
Dakiki, Ibnu. 2011. Framework CodeIgniter. www.koder.web.id.
3.
Yunanto, Harry. Dasar-dasar Pembuatan Website dengan
CodeIgniter. www.iorme.net.
4.
Bidang Kemahasiswaan
Gunadarma. Pengurusan Beasiswa. www.kemahasiswaan.gunadarma.ac.id.
5.
Kemristek Dikti. Beasiswa. www.ristekdikti.go.id.
6.
Hendri, Jhon. 2009. Proposal Penelitian Riset Pemasaran. Universitas
Gunadarma. Jakarta.
7.
Sukoco, Pamuji. Instrumen Penelitian. Universitas Negeri
Yogyakarta. Yogyakarta.
No comments:
Post a Comment