Laporan Penelitian



Laporan Penelitian
Pembuatan Aplikasi Pendaftaran Beasiswa Berbasis Web




Ahmad Fatihin
1A113552/3KA01
ahmadfatihin37@student.gunadarma.ac.id

KATA PENGANTAR

Assalamua’alaikum Wr. Wb.
Puji dan syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat rahmat dan karunia-Nya, serta dorongan doa restu dan dorongan dari berbagai pihak sehingga penulis dapat menyelesaikan Laporan Penelitian dengan judul Pembuatan Aplikasi Pendaftaran Beasiswa
Berbasis Web. Adapun laporan penelitian ini disusun guna melengkapi sebagian syarat untuk mengajukan penelitian guna mencapai jenjang setara Sarjana Muda jurusan Sistem Informasi di Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Gunadarma.
Dengan diselesaikannya penulisan ini, penulis mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas segala dukungan, bimbingan, pengarahan, dan bantuan kepada penulis. Ucapan terima kasih penulis sampaikan kepada berbagai pihak, terutama kepada:
  1. Prof. Dr. E. S. Margianti, SE, MM, selaku Rektor Universitas Gunadarma.
  2. Prof. Dr. rer. nat. Achmad Benny Mutiara, SSi., Skom., selaku Dekan Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi.
  3. Dr. Setia Wirawan,SKom.,MMSI., selaku Ketua Jurusan Sistem Informasi Universitas Gunadarma.
  4. Seluruh rekan-rekan yang tidak dapat penulis sebutkan, atas bantuan, kritik, saran, arahan, dan bimbingannya yang telah diberikan kepada penulis.
Semoga Allah S.W.T melimpahkan berkah dan rahmat-Nya kepada semua pihak tersebut atas segala bantuan dan bimbingannya yang telah diberikan kepada penulis.
Penulis menyadari bahwa laporan ini masih kurang dan jauh dari kata sempurna, oleh karena itu penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun. Semoga laporan ini dapat diterima dan memberikan manfaat baik bagi semua pihak termasuk penulis.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
Depok,  Maret 2016

                                                                                                                                    (Penulis)


1.      PENDAHULUAN


1.1.              Latar Belakang Masalah

 Beasiswa merupakan pemberian berupa bantuan yang diberikan kepada pelajar atau mahasiswa yang bertujuan untuk digunakan demi keberlangsungan pendidikan yang ditempuh. Bidang Kemahasiswaan Universitas Gunadarma menyalurkan berbagai beasiswa dari instansi pemerintah maupun swasta. Bentuk pengurusan beasiswa ini tergantung dengan jenis dan pemberi beasiswa.
Jumlah mahasiswa Universitas Gunadarma cukup banyak yang ingin mengajukan diri sebagai penerima beasiswa, tetapi informasi penerimaan beasiswa tidak semuanya tersampaikan kepada semua mahasiswa. Salah satu faktor yang menyebabkan tidak tersampaikannya informasi tentang penerimaan beasiswa kepada mahasiswa adalah pengumuman hanya dipublikasikan melalui website kemahasiswaan (www.kemahasiswaan.gunadarma.ac.id) dan studentsite (www.studentsite.gunadarma.ac.id) dimana informasi dalam website tersebut bukan hanya tentang beasiswa tetapi semua kegiatan yang diselenggarakan di lingkungan kampus Gunadarma.
Di Universitas Gunadarma sistem pendaftaran beasiswa masih menggunakan cara manual, yang mengakibatkan jumlah pendaftar tidak terkontrol dalam kurun waktu tertentu, antrian panjang pada saat pengembalian berkas persyaratan, kemudian banyak berkas yang belum terorganisir dengan baik, tidak adanya sistem yang mengatur jadwal pendaftaran dan pengembalian berkas yang menyebabkan pendaftar mengulur waktu hingga batas akhir pendaftaran serta membutuhkan waktu cukup lama untuk menyeleksi persyaratan administrasi.
       Dalam penulisan ilmiah ini dibuat sebuah website yang khusus digunakan sebagai informasi beasiswa di kalangan mahasiswa Universitas Gunadarma. Adanya website ini dapat memberikan informasi kepada mahasiswa Universitas Gunadarma mengenai berita terbaru yang berkaitan dengan beasiswa yang sedang diselenggarakan di lingkungan Universitas Gunadarma.

1.2.              Rumusan Masalah

 Dalam pelaksanaan selama ini, sejumlah informasi program beasiswa tersebut diberikan dalam website www.kemahasiswaan.gunadarma.ac.id dan www.studentsite.gunadarma.ac.id. Kedua website tersebut selain memberikan informasi beasiswa juga memberikan informasi umum mengenai kegiatan di lingkungan Universitas Gunadarma, belum adanya penyebaran informasi tentang beasiswa dalam sebuah media yang khusus untuk menyebarkan informasi beasiswa, oleh karena itu didapati perumusan masalah sebagai berikut:
1.                  Apakah perlu aplikasi pendaftaran beasiswa di Universitas Gunadarma dibuat?

1.3.              Batasan Masalah

 Luasnya informasi tentang beasiswa membuat penulis hanya membatasi masalah informasi tentang beasiswa di lingkungan Universitas Gunadarma dalam bentuk website. Namun, tidak menjelaskan tentang keamanan website, keamanan data, dan keamanan jaringannya.
 Pembuatan aplikasi pendaftaran beasiswa ini menggunakan bahasa pemrograman PHP, framework CodeIgniter, MySQL digunakan untuk pembuatan basis data, Adobe Photoshop untuk desain interface dan Notepad++ untuk editor.

1.4.              Tujuan Penulisan

 Tujuan penulisan ini adalah perlunya aplikasi pendaftaran beasiswa untuk memberikan kemudahan bagi mahasiswa untuk mendaftar beasiswa secara online, memberikan kemudahan bagi pengelola beasiswa untuk menyeleksi calon penerima beasiswa di lingkungan Universitas Gunadarma.

1.5.              Manfaat atau Kegunaan Penelitian

Penelitian yang penulis lakukan ini mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi penulis sendiri, maupun bagi para pembaca atau pihak-pihak lain yang berkepentingan.

Penelitian ini memfokuskan kepada Bidang Kemahasiswaan Gunadarma sebagai objek penelitian, sehingga diharapkan para pengambil keputusan dalam Bidang Kemahasiswaan maupun pihak-pihak lain yang berkepentingan dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan.


2.      TINJAUAN PUSTAKA DAN HIPOTESIS


2.1.              Beasiswa

 Beasiswa merupakan pemberian berupa bantuan yang diberikan kepada pelajar atau mahasiswa yang bertujuan untuk digunakan demi keberlangsungan pendidikan yang ditempuh. Universitas Gunadarma menyelenggarakan beberapa program beasiswa yang ditawarkan kepada mahasiswanya, dengan mengikuti persyaratan yang telah ditentukan.

2.1.1.         Jenis Beasiswa

1.        Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (Beasiswa-PPA)
2.        Bantuan Biaya Pendidikan Peningkatan Prestasi Akademik (BPP-PPA).  
3.        Beasiswa Yayasan Beasiswa Jakarta (Beasiswa-YBJ)
4.        Beasiswa DAM dan YPKAAR
5.        Beasiswa Bidikmisi.

2.2.              Model Waterfall

 Pembuatan sistem informasi pendaftaran beasiswa berbasis website ini menggunakan model sekuensial linier sering disebut juga dengan siklus kehidupan klasik atau model air terjun (waterfall). Model ini mengusulkan sebuah pendekatan pada pengembangan perangkat lunak yang sistematik dalam tingkat kemajuan sistem pada seluruh analisis, desain, kode, pengujian dan pemeliharaan. Model waterfall merupakan metode yang paling banyak digunakan dalam software engineering, karena pemodelan sistem terbagi menjadi tahapan-tahapan yang mengikuti pola teratur, seperti layaknya air terjun (Munawar, 2005).

2.3.              Framework CodeIgniter

 CodeIgniter (CI) adalah sebuah web application framework yang bersifat open source untuk membangun aplikasi php dinamis. Tujuan utama pengembangan CI adalah untuk membantu developer untuk mengerjakan aplikasi lebih cepat daripada menulis semua kode dari awal. CI menyediakan berbagai macam library yang dapat mempermudah dalam pengembangan.
CodeIgniter dibangun menggunakan konsep Model-View-Controller development pattern. CI sendiri salah satu framework tercepat dibandingkan framework lainnya. Pada acara frOSCon (Agustus 2008), pembuat php Rasmus Lerdorf mengatakan dia menyukai codeigniter karena dia lebih ringan dan cepat dibandingkan framework lainnya (“because it is faster, lighter and the least a framework”).

Jika dipetakan, alur kerja CI akan tampak seperti gambar flow CI. Browser berinteraksi melalui controller. Controller yang akan menerima dan membalas semua request dari browser. Untuk data maka controller akan meminta ke model dan untuk UI/template akan meminta ke view. Jadi “otak” dari aplikasi berada di controller, “muka” aplikasi ada di view dan “data” ada di model. Ketika browser meminta sebuah halaman web maka router akan mencarikan controller mana yang harus menangani request tersebut. Setelah itu barulah controller menggunkan model untuk mengakses data dan view untuk menampilkan data tersebut.

2.4.              Struktur Navigasi

             Struktur navigasi adalah alur yang digunakan dalam aplikasi yang dibuat. Sebelum menyusun aplikasi, harus menentukan terlebih dahulu alur apa yang akan digunakan dalam aplikasi yang dibuat. Bentuk dasar dari struktur navigasi yang biasa digunakan dalam proses pembuatan apilkasi ada empat macam, yaitu struktur navigasi linier, hirarki, non linier, dan campuran.

2.5.              Hipotesis

  Berdasarkan tinjauan pustaka atau kerangka pemikiran diatas, maka penulis mencoba untuk merumuskan hipotesis yang akan diuji kebenarannya, apakah hasil penelitian akan menerima atau menolak hipotesis tersebut, sebagai berikut:
Ha0: Kecenderungan mahasiswa memerlukan pendaftaran beasiswa secara online
Ha1: Beberapa mahasiswa masih memilih pendaftaran secara konvensional.
Dengan variabel utama yaitu Mahasiswa.

            Dengan menggunakan instrumen penelitian yaitu kuesioner online yang disebar untuk diisi oleh mahasiswa Universitas Gunadarma dalam jangka waktu tertentu. Kuesioner tersebut nantinya akan menjadi data utama untuk kelanjutan penelitian ini. Diharapkan dengan adanya dugaan awal seperti ini pengembangan sistem yang penulis rencanakan bisa terwujud dan bisa berguna untuk semua pihak.


3.      METODOLOGI PENELITIAN


3.1.           Waktu dan Tempat Penelitian

Waktu Penelitian:
Bulan April sampai dengan Juni 2016
1.       Minggu I              :Persiapan
2.       Minggu II-IV       :Pengumpulan data, perancangan dan analisis sistem
3.       Minggu V-IX       :Pembuatan kode program dan pengujian sistem
4.       Minggu X-XII     :Penyusunan laporan akhir.
Tempat Penelitian:
Ruang Belajar, Rumah, Bekasi

3.2.              Anggaran Biaya Penelitian

Penelitian ini merupakan penelitian karya ilmiah untuk memenuhi salah satu syarat guna memperoleh gelar sarjana muda di Universitas Gunadarma, maka semua biaya penelitian ditanggung oleh penulis.

3.3.              Metode Penelitian

 Pembuatan aplikasi pendaftaran beasiswa berbasis website ini menggunakan metode penelitian dengan model waterfall. Pembuatan sistem informasi pendaftaran beasiswa berbasis website ini menggunakan model sekuensial linier sering disebut juga dengan siklus kehidupan klasik atau model air terjun (waterfall). Model ini mengusulkan sebuah pendekatan pada pengembangan perangkat lunak yang sistematik dalam tingkat kemajuan sistem pada seluruh analisis, desain, kode, pengujian dan pemeliharaan. Model waterfall merupakan metode yang paling banyak digunakan dalam software engineering, karena pemodelan sistem terbagi menjadi tahapan-tahapan yang mengikuti pola teratur, seperti layaknya air terjun (Munawar, 2005).

3.4.           Instrumen Penelitian

Data mempunyai kedudukan penting dalam penelitian, karena data merupakan penggambaran variable yang diteliti sekaligus berfungsi sebagai alat untuk menguji hipotesis. Benar tidaknya data sangat menentukan kualitas hasil penelitian. Sedangkan benar tidaknya data tergantung dari instrument penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data.
Instrumen di penelitian  ini menggunakan kuesioner online yang disebar ke mahasiswa Universitas Gunadarma.

3.5.           Analisis Data

Analisis data dengan menggunakan pendekatan model waterfall sebagai berikut:
1.                  Rekayasa Sistem
Proses rekayasa sistem lebih menekankan pada alasan mengapa sebuah aplikasi harus dibuat dengan mempelajari gambaran keadaan sistem informasi beasiswa yang sedang berjalan di Universitas Gunadarma.
2.                  Analisis Sistem
Tahapan ini kemudian dilanjutkan dengan proses analisis yang lebih menekankan pada pembuatan aplikasi agar terwujudnya perkembangan informasi beasiswa yang baik.
3.                  Desain
Dalam proses desain dibuat sebuah interface aplikasi  yang akan berjalan, dengan tujuan menggali perbedaan alternatif aplikasi pendaftaran beasiswa saat ini dengan aplikasi yang sedang dibuat.
4.                  Pengkodean
Tahap pembuatan aplikasi ini dengan pengkodean yang sesuai dengan rancangan aplikasi menggunakan software-software diantaranya notepad++ sebagai editorcodeigniter sebagai framework website, bahasa pemrogramman PHP, mysql, dan adobe photoshop  untuk desain interface.
5.                  Pengujian
Tahap pengujian website dengan melakukan pengecekan di berbagai perangkat baik netbook, notebook, tablet, dan handphone serta implementasinya pada proses dibuatnya website menggunakan PHP, sehingga proses implementasi mungkin lebih mirip dengan pengembangan software sebab menggunakan syntax yang spesifik untuk pengkodean struktur website.
6.                  Perawatan
Tahap pemeliharaan program aplikasi yang telah dibuat, agar keutuhan program dapat terjaga dengan baik.


DAFTAR PUSTAKA

1.              Pribadi, Rendi. 2012. Sistem Informasi Kesehatan Berbasis Web pada Pusat Kesehatan Masyarakat Cirimekar Kabupaten Bogor Menggunakan PHP dan MySql. Universitas Gunadarma. Jakarta
2.                  Dakiki, Ibnu. 2011. Framework CodeIgniter. www.koder.web.id.
3.                  Yunanto, Harry. Dasar-dasar Pembuatan Website dengan CodeIgniter. www.iorme.net.
4.                  Bidang Kemahasiswaan Gunadarma. Pengurusan Beasiswa. www.kemahasiswaan.gunadarma.ac.id.
5.                  Kemristek Dikti. Beasiswa. www.ristekdikti.go.id.
6.                  Hendri, Jhon. 2009. Proposal Penelitian Riset Pemasaran. Universitas Gunadarma. Jakarta.
7.                  Sukoco, Pamuji. Instrumen Penelitian. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

LAMPIRAN

No comments:

Post a Comment